Langsung ke konten utama

Simple mini project joule thief led light

Membuat simple mini project joule thief led light dc converter booster sendiri.

Salam jumpa sobat² para elecktro hobys,kali ini aku ingin berbagi tentang lampu darurat dgn joule thief converter booster.
Akhir2 ini listrik pln sering kali padam,apalagi kalau malam hari,bikin parno kan...
Lampu darurat yg dari toko yg harganya +80k an umurnya ga' lama. batre nya cepet soak. maklum,bila di buka ternyata suplay chargernya cuman pake penyearah jembatan diode,alias balas ga' jelas,pantes batre cepet amblas.gimana batre ga' koit,arus nya kayak preman pasar yg lg lapar,kasar bro...
Dari itu aku jd ingat rangkaian "pencuri arus" atau joule thief yg bisa kita manfaatin utk penghemat batre lampu darurat dgn biaya minim bahkan gratis kalau mau leles bahan dari bekas lampu hemat energy.
 Pertama perhatikan dulu gambar skema joule thief led light berikut ini :

gambar simple mini project joule thief led light skema circuit
Gb.1 skema joule thief circuit
 Part list;
1.resistor 1k
2.transistor npn
3.ferittoroid bekas lampu hemat energy utk induktor:
   L1;
   a.15 lilit fedback
   b. 20 lilit colektor.
4.led 5mm superbrigth 10 biji.
5.kawat tembaga 0.5mm
6.batre+holder.1 AA/AAA
7.saklar
8.timah.solder and pcb bolong.
   
Berikut penampakan bahan nya :

gambar bahan untuk simple mini project joule thief led light
Gb.2 simple mini project part

Setelah bahan - bahan kita siapkan, lanjut untuk membuat lilitan induktor nya. Induktor ini terdiri dari ferite toroid sebagai inti nya dengan diameter luar ± 11mm. Ini bisa dapatkan dari bekas lampu cfl hemat energy yang sudah rusak. Dan dua lilitan kawat tembaga OD ± 0,5mm, yaitu lilitan primer dan lilitan fedback. 
1. Lilitan primer kita buat dengan melilit kan kawat tembaga pada ferite toroid sebanyak 20 lilitan searah jarum jam. Dan ujung lilitan ini nantinya menuju ke kaki colektor transistor.
2. Lilitan fedback kita buat dengan jumlah lilitan sebanyak 15 lilitan. Di mulai dari ujung awal lilitan primer tadi ke arah sebalik nya. Dan ujung fedback ini nanti nya akan menuju kaki basis transistor melalui sebuah resistor.
3. Lanjut dengan menggabungkan dua ujung awal dari lilitan primer dan fedback menjadi satu. Yang nanti ini akan menuju + battery. Atau kita bisa lihat dan pelajari di sini . Atau bisa juga kita lihat di sini .

Setelah induktor kita jadi, langkah selanjut nya adalah menghubungkan poin poin antara ujung lilitan primer ke colektor, ujung lilitan fedback ke Resistor dan basis transistor, juga kaki emitor ke - battery.
Selanjut nya kita buat juga rangkaian lampu led nya dengan merangkai sebanyak 10 led light secara paralel. Sekalian buat hubungan antara poin + led dengan colektor transistor. Dan  poin - led ke emitor(-). Saya sih membuat rangakain circuit ini dengan pcb ic bolong karena lebih simple dan mudah/ gak ribet. Setelah langkah langkah di atas selesai, itu arti nya circuit kita siap. Jangan lupa cek dulu apakah ada sambungan/soderan yang short?, apakah lilitan induktor sudah tepat pada posisi dan sambungan nya sudah pada poin yang benar?. Bila sudah dirasa beres, tinggal tes dengan menyambungkan battery nya. Menyala ?.. artinya projeck ini sukses. Tapi bila tidak menyala, cek sekali lagi ujung ujung kawat primer dan fedback nya apa sudah pada bagian lilitannya masing masing. Dan cek juga apakah led light nya tidak ada yang mati/putus.
Hal yang perlu di perhatikan;
1. Masing masing lilitan harus saling berlawanan arah.
2. Kaki transistor antara colektor, basis dan emitor harus benar.
3. Jumlah lilitan relatif dan personal.bisa kita cari sendiri perbandingan yang menurut kita paling tepat.
4. Led light ini rentan rusak, jadi tes satu per satu dulu sebelum merangkai nya.
5. Saat proses penyolderan kaki² transistor  dan led,usahakan jangan terlau lama terpapar panas.
 Berikut gambaran penampakan simple mini project yang saya buat.monggo di lihat lihat mungkin bisa menjadi referensi dan perbandingan.

gambar simple mini project joule thief led light circuit
Gb3. Simple mini project circuit

gambar simple mini project led light
Gb.4. Simple mini project led light

gambar simple mini project led light circuit
Gb. Simple mini project led light

Bagaimana ? Tertarik untuk coba membuat sendiri simple mini project joule thief ini ?,. Lumayan buat isi waktu luang dengan iseng-iseng tapi berguna. Saat jaringan pln padam, kita tak perlu lagi beli lilin yang beresiko bahaya kebakaran. Tapi dengan joule thief led light ini kita turut mendukung semangat energy ramah lingkungan dan juga penghematan.
Demikian membuat simple mini project joule thief led light. Semoga membantu dan bermanfaat.

SUMBER : DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Bootable CD/DVD Windows XP Dari File .iso

Kali ini saya akan sedikit share cara membuat Bootable CD/DVD Windows XP. dari pada beli copy'an CD yang bajakan lebih baik bikin sendiri dengan file original Windows XP sp3 langkah awal pembuatan Bootable CD/DVD Windows XP sobat mesti download dulu file .iso windows XP sp3 original nya. Download: Windows XP sp3 Original.iso berikutnya download software nero untuk pembakaran CD/DVD Download: Nero 6 Ultra Edition Full Edition [Lebih Ringan] Cara Membuat Bootable CD/DVD Windows XP Dari File .iso Dengan Nero 6 Ultra Edition Setelah kedua file di download extract Windows XP di data master, nanti yang akan di burning file windows xp.iso yang berada di file .rar .. Perlengkapan - Komputer / Laptop yang sudah di lengkapi CDroom atau DVDroom Cara Burning 1. Install Nero 6 Ultra Edition 2. Masukan CD/DVD Blank [Yang masih kosong] 3. Jalankan program tersebut, pilih menu Nero Express 4. Kemudian pilih Disc Image or Saved Project 5. Browser dan cari file .

Dasar Desain Grafis (Unsur-unsur Desain Grafis)

Kompetensi Dasar  3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang Materi Pokok Memahami unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang Pengertian  Grafis Dalam Bahasa Inggris disebut  Graphic  diartikan sebagai goresan yang berupa titik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak (Freddy Adiono Basuki, 2000). Desain Menurut Atisah Sipahelut (1991) diartikan sebagai bentuk rumusan dan suatu proses pemikiran. Rumusan atau proses pemikiran yang dituangkan dalam wujud gambar tersebut merupakan pengalihan gagasan kongkrit isi pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam wujud gambar. Dalam proses mendesain ini seorang desainer dapat mempergunakan perlatan manual seperti kuas atau

Protected Bootloader

Di Mikrotik terdapat sebuah fitur yang berfungsi untuk melakukan proteksi terhadap akses ke system router terutama berkaitan dengan penggunaan tombol reset. Fitur tersebut adalah " Protected RouterBOOT ". Ketika fitur ini diaktifkan maka beberapa fungsi tidak dapat dilakukan sebagaimana defaultnya yaitu tombol reset dan juga reset pin-hole. Dan akses router dari console juga akan ter-disabled. Jika ingin melakukan perubahan konfigurasi untuk melakukan perubahan boot mode atau RouterBOOT maka hanya bisa dilakukan melalui RouterOS (remote via winbox). Fitur ini secara default tidak ditambahakan langsung ke system sehingga kita harus melakukan instalasi paketnya secara manual. Untuk mengaktifkannya firmware dari router harus diatas v3.24 dan tidak bisa digunakan dibawah versi tersebut. Untuk saat ini hanya terdapat di beberapa jenis arsitektur routerboard yaitu SMIPS, MIPSBE, TILE. Paket " Protected RouterBOOT " bisa di-download di link berikut: SMIPS